Senin, 10 Maret 2014

PELANCONG BISNIS

Jelaskan proses segmentasi pasar, pembidikan pasar, dan penetapan posisi pasar.

Jawab :

Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah Membagi pembeli ke dalam kelompok-kelompok yang masing-masing memiliki karakteristik yang sama. Proses segmentasi Kegiatan-kegiatan mensegmentasikan pasar yang berlangsung secara terus-menerus.  Berikut adalah proses segmentasi pasar :
1.       Menetapkan dasar-dasar (kriteria) segmentasi.
2.       Mengelompokan pasar kedalam segmen-segmen

b.       Pembidikan pasar
Pembidikan pasar adalah Mengevaluasi segmen-segmen pasar dan memilih satu atau lebih dan yang sangat menguntungkan (potensial). Proses pembidikan pasar ialah kegiatan-kegiatan memilih pasar sasaran yang berlangsung secara terus-menerus. Adapun proses pembidikan pasar ialah :
1.       Menentukan kriteria segmen pasar yang potensial.
2.       Memilih segmen pasar yang potensial (menjadi pasar sasaran).


c.       Penetapan posisi pasar
Penetapan posisi pasar adalah Membagi ciri khas pada produk kita agar lebih menonjol dalam ingatan (benak) pembeli (segmen pasar sasaran) dan lebih mereka sukai dari pada produk-produk lain yang sejenis. Proses penetapan posisi pasar adalah Kegiatan-kegiatan memposisikan produk dan yang berlangsung terus-menerus. Adapun proses penetapan posisi pasar ialah :
1.       Menetapkan ciri-ciri khas bagi produk, sehingga dapat menyaingi produk-produk lain.
2.       Memberikan ciri-ciri khas pada produk.
3.       Menginformasikannya kepada pasar sasaran.


2.       Peran apa yang dimainkan oleh atribut produk dan persepsi tentang atribut dalam penetapan posisi suatu produk? Dapatkah atribut yang biasa terdapat dalam sejumlah merek yang bersaing menyumbang bagi keberhasilan strategi penetapan posisi?

Jawab :
           
            Atribut produk sangat berperan penting di dalam pengenalan sebuah produk atau jasa karena melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan kepada konsumen. Atribut produk meliputi merek, kemasan, jaminan (garansi), pelayanan, dan sebagainya. Jadi auatu perusahaan harus menentukan suatu ciri dari suatu produk dengan atribut produk yang mampu menarik dan memberi persepsi kepada konsumen sebagan penetapan posisi suatu produk tersebut.

            Atribut produk yang terdapat dalam sejumlah merk yang bersaing dapat menyumbang bagi keberhasilan strategi penetapan posisi pasar karena atribut produklah yang memberikan ciri khas pada suatu produk. Misalnya merk,pembungkusan (packaging), label, garansi atau jaminan (warranty) dan produk tambahan (service) yang baik dari suatu produk maka akan menarik konsumen, sebagaimana bagian dari proses penetapan posisi pasar ialah dengan menentukan cirri khas dari suatu produk yang mampu menarik perhatian konsumen.

3.       Berapa restoran ingin mengembangkan restoran yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang. Mengapa kebijakan itu berbahaya?

Jawab :

Kebijakan itu berbahaya karena alasan-alasan sebagai berikut :

1.       Dilihat dari penetapan posisi produknya karena sama mengambil ciri khas restoran yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang maka tidak akan ada ciri khas dari masing-masing restorannya.
2.       karena restoran yang ingin berkembang lebih dari satu maka akan timbul persaingan antar restoran tersebut yang dapat membingungkan konsumen.
3.       Dilihat dari pendapatan  restoran juga tidak akan terlalu besar karena banyaknya saingan dari restorannya.



1 komentar: