Jelaskan proses segmentasi pasar,
pembidikan pasar, dan penetapan posisi pasar.
Jawab :
Segmentasi pasar
Segmentasi
pasar adalah Membagi
pembeli ke dalam kelompok-kelompok yang masing-masing memiliki karakteristik
yang sama. Proses segmentasi Kegiatan-kegiatan
mensegmentasikan pasar yang berlangsung secara terus-menerus. Berikut
adalah proses segmentasi pasar :
1. Menetapkan
dasar-dasar (kriteria) segmentasi.
2. Mengelompokan
pasar kedalam segmen-segmen
b. Pembidikan
pasar
Pembidikan
pasar adalah Mengevaluasi segmen-segmen pasar dan memilih satu atau lebih dan
yang sangat menguntungkan (potensial). Proses pembidikan pasar ialah
kegiatan-kegiatan memilih pasar sasaran yang berlangsung secara terus-menerus.
Adapun proses pembidikan pasar ialah :
1. Menentukan
kriteria segmen pasar yang potensial.
2. Memilih
segmen pasar yang potensial (menjadi pasar sasaran).
c. Penetapan
posisi pasar
Penetapan
posisi pasar adalah Membagi ciri khas pada produk kita agar lebih menonjol
dalam ingatan (benak) pembeli (segmen pasar sasaran) dan lebih mereka sukai
dari pada produk-produk lain yang sejenis. Proses penetapan posisi pasar adalah
Kegiatan-kegiatan memposisikan produk dan yang berlangsung terus-menerus.
Adapun proses penetapan posisi pasar ialah :
1. Menetapkan
ciri-ciri khas bagi produk, sehingga dapat menyaingi produk-produk lain.
2. Memberikan
ciri-ciri khas pada produk.
3. Menginformasikannya
kepada pasar sasaran.
2. Peran apa yang dimainkan oleh atribut
produk dan persepsi tentang atribut dalam penetapan posisi suatu produk?
Dapatkah atribut yang biasa terdapat dalam sejumlah merek yang bersaing
menyumbang bagi keberhasilan strategi penetapan posisi?
Jawab :
Atribut
produk sangat berperan penting di dalam pengenalan sebuah produk atau jasa
karena melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan kepada konsumen.
Atribut produk meliputi
merek, kemasan, jaminan (garansi), pelayanan, dan sebagainya. Jadi
auatu perusahaan harus menentukan suatu ciri dari suatu produk dengan atribut
produk yang mampu menarik dan memberi persepsi kepada konsumen sebagan
penetapan posisi suatu produk tersebut.
Atribut
produk yang terdapat dalam sejumlah merk yang bersaing dapat menyumbang bagi
keberhasilan strategi penetapan posisi pasar karena atribut produklah yang
memberikan ciri khas pada suatu produk. Misalnya merk,pembungkusan (packaging), label, garansi atau jaminan
(warranty) dan produk tambahan (service) yang baik
dari suatu produk maka akan menarik konsumen, sebagaimana bagian dari proses
penetapan posisi pasar ialah dengan menentukan cirri khas dari suatu produk
yang mampu menarik perhatian konsumen.
3. Berapa restoran ingin mengembangkan
restoran yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang. Mengapa kebijakan itu
berbahaya?
Jawab :
Kebijakan itu berbahaya
karena alasan-alasan sebagai berikut :
1. Dilihat
dari penetapan posisi produknya karena sama mengambil ciri khas restoran yang
dapat memenuhi kebutuhan semua orang maka tidak akan ada ciri khas dari
masing-masing restorannya.
2. karena
restoran yang ingin berkembang lebih dari satu maka akan timbul persaingan
antar restoran tersebut yang dapat membingungkan konsumen.
3. Dilihat
dari pendapatan restoran juga tidak akan terlalu besar karena
banyaknya saingan dari restorannya.
Score: 85, quite excellent
BalasHapus